6 Kesalahan Trading Kripto yang Banyak Dilakukan Pemula

6 Kesalahan Trading Kripto yang Banyak Dilakukan Pemula

6 Kesalahan Trading Kripto yang Banyak Dilakukan Pemula

6 Kesalahan Trading Kripto yang Banyak Dilakukan Pemula – Seiring dengan naiknya trend perdagangan aset kripto, masyarakat mulai menganggap jika investasi jenis ini sangat menguntungkan. Apalagi trading kripto mudah di Pluang dan prosesnya cepat. Sayangnya, banyak sekali yang mengabaikan risiko yang harus ditanggung apabila melakukan trading crypto secara sembarangan.

Salah satu risiko terbesar yang bisa didapatkan apabila teman-teman sembrono dalam melakukan trading adalah kerugian. Apalagi melakukan trading hanya sekedar ikut-ikutan karena teman di kantor atau teman nongkrong banyak yang melakukannya.

Sebelum teman-teman tercebur lalu akhirnya mendapatkan kerugian yang bikin ketar-ketir. Tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh trading pemula di bawah ini.

6 Kesalahan Trading Kripto yang Banyak Dilakukan Pemula

Belum Mempelajari Aset Kripto

Satu hal yang harus diperhatikan dengan baik sebelum melakukan trading jenis apapun adalah mempelajari aset kripto itu sendiri. Paling tidak, teman-teman harus tahu apa itu blockchain secara umum.

Selanjutnya, teman-teman juga harus mempelajari Bitcoin dan juga altcoin lainnya. Jadi jangan langsung melakukan transaksi begitu selesai melakukan pendaftaran akun di platform Pluang.

Pelajari saja semuanya dengan baik. Apabila masih memiliki pertanyaan bisa menghubungi orang yang lebih ahli. Intinya, jangan langsung menyimpulkan dari apa yang dibaca di internet, apalagi tulisan yang dibaca belum tentu terverifikasi dengan baik.

Menggunakan Emotional Trading

Apapun yang terjadi tidak disarankan melakukan trading saat kondisi emosi sedang tidak stabil. Selain itu hindari euforia untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat.

Misal baru saja mendengarkan cerita teman tentang aset yang dimiliki. Dia mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat hanya dengan melakukan trading crypto. Lalu teman tersebut meminta untuk melakukan hal yang sama dan memberikan dorongan.

Karena mendapatkan dukungan yang besar dan emosi terkait dengan mendapatkan keuntungan. Teman-teman langsung melakukan proses trading tanpa memikirkan risikonya terlebih dahulu. Teman-teman berpikir jika orang lain berhasil mendapatkan keuntungan, maka teman-teman juga bisa melakukannya. Padahal dalam dunia crypto hal semacam itu tidak selalu bisa diterapkan.

Melakukan Trading Crypto secara Sembarangan

Jangan melakukan transaksi apapun entah itu pembelian atau penjualan aset kripto secara sembarangan. Misal teman-teman mendadak ingin beli aset kripto selain Bitcoin karena menganggap altcoin peluangnya besar.

Saat ini ada banyak sekali Altcoin yang bisa jadi alternatif BTC, tapi tidak sedikit yang memiliki reputasi buruk. Apabila sekedar membeli saja tanpa melihat hal itu, kemungkinan besar bisa mendapatkan kerugian.

Takut Kehilangan Trend

Salah satu kekurangan zaman serba maju seperti sekarang adalah takutnya kehilangan trend atau fear of missing out (FOMO). Jika tidak ikut melakukan investasi, akan dianggap kuno. Itulah kenapa trading dilakukan tanpa berpikir panjang.

Karena tidak mau dianggap kuno khususnya pada circle pertemanan. Akhirnya teman-teman memutuskan untuk mengikuti mereka. Akhirnya risiko mengalami kerugian jadi semakin meningkat. Kecuali jika trend yang diikuti itu positif.

Tidak Melakukan Diversifikasi Investasi

Pastikan untuk melakukan diversifikasi dalam melakukan investasi aset kripto. Jangan hanya membeli aset kripto di satu jenis saja. Misal teman-teman menggunakan semua modal untuk beli BTC.

Usahakan untuk membaginya ke beberapa aset agar meminimalkan risiko. Apalagi trading cryptocurrency risikonya tinggi dan bisa menyebabkan kerugian dalam satu malam jika salah strategi.

Berharap Cuan Cepat

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan oleh trader pemula adalah ingin mendapatkan cuan dengan cepat. Padahal ada banyak sekali tahapan yang harus dilalui agar bisa mendapatkan keuntungan sehingga aset yang dimiliki bisa mengalami kenaikan.

Jangan berharap hanya dalam satu malam saja nilai dari aset kripto yang dimiliki bisa bertambah hingga berkali lipat. Nilai dari aset kripto biasanya bisa mengalami kenaikan atau penurunan yang sangat cepat. Itulah kenapa seseorang harus waspada dan memanfaatkan situasi dengan baik.

Apabila terobsesi mendapatkan keuntungan cepat. Bisa berdampak pada aset yang dimiliki. Anda bisa melakukan emosional trading sehingga memicu terjadinya risiko kerugian yang besar.

Kesalahan saat trading crypto sering dilakukan dan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Bahkan ada yang uang tabungannya terkuras dengan habis gara-gara FOMO atau mengikuti trend dari circle atau teman terdekat.

Sebenarnya saat melakukan trading aset kripto tidak perlu tergesa-gesa. Teman-teman masih bisa mempelajari banyak hal melalui platform Pluang. Jadi pelajari apa saja yang penting atau merasa belum mengetahuinya.

Apabila sudah memahami dengan baik, proses trading bisa dilakukan secara bertahap. Ingat, jangan langsung masukkan uang ke salah satu aset kripto dengan tujuan mendapatkan cuan. Aset kripto memiliki nilai yang volatil. Jadi, bisa mengalami kenaikan atau penurunan secara drastis dalam waktu yang cepat.

One comment

Leave a Reply