8 Tips Sukses Membangun Toko Online

Cara Membuat Toko Online yang Menarik

8 Tips Sukses Membangun Toko OnlineE-commerce merupakan salah satu bidang yang dapat menentukan kesuksesan ekonomi masyarakat millenial. Maka tak heran jika pembuatan toko online kini semakin diminati. Namun, proses pembuatan online shop tidaklah mudah. Prosesnya meliputi cek domain .co.id, hingga proses pembelian paket hosting.

8 Tips Sukses Membangun Toko Online

Selain itu, ada hal-hal lainnya yang tak kalah penting untuk diketahui jika ingin membuatnya. Apa saja hal-hal tersebut? 🤔 Berikut telah saya rangkum semuanya untuk mempermudah teman-teman:

8 Tips Sukses Membangun Toko Online

  1.  Memilih Domain dan Layanan Hosting

Jika teman-teman ingin membuat sebuah toko online pribadi, hal pertama yang harus diperhatikan adalah domain dan hosting. Sederhananya, domain adalah nama atau alamat website. Sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan data website.

Pertama-tama, cek domain .co.id, atau .COM, atau ekstensi lainnya. Pastikan nama yang akan digunakan tersedia untuk dibeli. Contohnya, jika ingin memilih nama tokoaku.com. Setelah itu, silahkan cek apakah nama tokoaku.com sudah dibeli atau belum. Jika tersedia, artinya teman-teman bisa membelinya 🛒.

Setelah domain, kemudian pilih paket hosting. Saat ini, beli hosting murah Indonesia sudah cukup mudah. Pasalnya ada banyak penyedia layanan hosting yang menawarkannya.

Baca juga: Cara Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Selama Pandemi

Pilih spesifikasi yang cocok untuk toko online. Jika bingung memilih spesifikasi, pilihlah paket hosting untuk toko online. Pasalnya, paket hosting untuk toko online biasanya sudah disesuaikan untuk kebutuhan tersebut.

  1.  Pilih Nama Domain Website yang Menarik

Pada dasarnya, ada dua tipe pemilihan nama domain. Pertama, nama domain yang mengandung kata kunci, dan kedua yaitu nama domain yang diambil dari brand teman-teman sendiri.

Contoh nama domain yang diambil dari kata kunci saat ini sudah cukup banyak. Misalnya seperti jualsepatumurah.com, kaosmurah.com, rumahmurahbandung.com, dan lainnya. 

Sedangkan nama yang diambil dari brand yaitu nama usaha sendiri. Selanjutnya teman-teman tinggal memilih ekstensinya saja, baik itu .COM, .CO.ID, .ID, .NET, dan sebagainya. Silahkan cek domain .co.id, dan ekstensi lainnya yang tersedia.

  1. Tentukan Tema Atau Niche Produk/Layanan

Tentukan apa yang ingin dijual pada website yang sudah dibuat. Sesuaikan tema website dengan produk/layanan yang ditawarkan. Contohnya, teman-teman akan berjualan kaos, sebaiknya pilih tema yang sama dengan produk yang akan dijual. Begitu juga dengan nama domainnya.

Niche ini bisa memengaruhi beberapa hal. Pengaruhnya sangat luas mulai dari menjaring konsumen potensial, meningkatkan angka penjualan, hingga bagus untuk SEO.

  1.  Buat Toko Online Agar Terlihat Profesional

Jika sudah berencana membuat toko online, pastikan teman-teman serius saat membangunnya. Teman-teman harus membuat toko online yang terlihat profesional dan juga terlihat menarik.

Website yang menarik, akan membuat toko online disukai. Bahkan, pelanggan akan tertarik bertindak untuk melakukan pembelian di toko tersebut. Artinya, toko online yang menarik dan profesional, mampu mengonversi pengunjung menjadi pembeli.

Baca juga: Keuntungan Memiliki Website

Caranya adalah dengan memperhatikan fungsionalitas dan desain saat membuatnya. Website yang menarik akan mendorong penjualan menjadi lebih baik. Meski begitu, teman-teman tidak boleh membuat desain yang berlebihan.

  1.  Pertimbangkan Pilihan Layanan Pengiriman

Jika yang teman-teman jual adalah produk berbentuk barang, maka pertimbangkanlah saat memilih metode pengiriman. Saat ini, ada cukup banyak sekali jasa ekspedisi yang bisa dipilih. Namun, pastikan telah disesuaikan dengan kecenderungan konsumen dalam menggunakannya.

Sederhananya, pilihlah layanan ekspedisi yang umum digunakan. Selain itu, jangan hanya menggunakan satu jasa saja. Minimal ada dua pilihan yang teman-teman tawarkan kepada konsumen.

Hal di atas berlaku untuk bisnis berskala kecil atau domestik, maupun bisnis yang mulai masuk ke pasar internasional.

  1.  Pahami SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi pemasaran digital marketing yang ampuh untuk mendulang sukses. Pasalnya, SEO berperan penting untuk meningkatkan trafik pada website. Artinya, peluang terjadinya penjualan pun akan semakin meningkat.

Baca juga: Materipress, Material Design WordPress Theme

Mempelajari SEO dibutuhkan waktu yang lama. Namun setidaknya teman-teman paham dasar-dasarnya. Adapun dasar-dasar yang perlu diketahui di antaranya seperti riset kata kunci, belajar cara membuat konten artikel yang SEO friendly, dan sebagainya.

Atau, memercayakan SEO kepada ahlinya. Teman-teman bisa menggunakan jasa SEO untuk mengoptimalkan website di mesin pencari.

  1.   Pastikan Website E-commerce Mobile Friendly

Website friendly adalah sebuah website yang bisa diakses melalui perangkat smartphone atau tablet. Artinya, website tersebut nyaman ketika audiens membukanya via smartphone. Terutama ketika audiens mengaksesnya untuk berbelanja.

Saat ini, pengguna internet di dunia, kebanyakan menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Itulah kenapa, mobile friendly pada website harus menjadi prioritas agar pengalaman belanja online customer lebih nyaman.

Salah satu faktor yang mendukung mobile friendly pada sebuah website terletak pada desainnya. Atau, tergantung dari template yang digunakan. Pilihlah desain atau template yang sudah mendukung mobile friendly.

  1.  Tawarkan Beberapa Metode Pembayaran

Salah satu hal yang dipertimbangkan oleh para customer saat berbelanja adalah metode pembayarannya. Bisa jadi audiens menyukai produknya, tapi mereka tidak jadi membeli karena tidak ada pilihan metode pembayaran sesuai keinginannya.

Metode pembayaran pada toko online umumnya menggunakan transfer bank. Alangkah baiknya teman-teman menyediakan beberapa pilihan nomor rekening agar customer bisa memilih sesuai rekening bank yang mereka miliki.

Selain itu, teman-teman juga bisa bekerjasama dengan pihak lain. Misalnya dengan menyediakan opsi dompet digital. Namun, teman-teman juga harus paham bagaimana konsep metode pembayaran lain di luar transfer via rekening bank. 

Kelebihan Memiliki Toko Online Pribadi

Saat ini, teman-teman bisa beli hosting murah Indonesia di beberapa penyedia layanan. Artinya, memiliki website untuk toko online sudah sangat mudah. Di lain sisi, ada banyak keunggulan memiliki toko online pribadi dibandingkan gratisan, berikut kelebihannya:

  1.  Transaksi Cepat dan Mudah

Seperti yang kita ketahui, sistem transaksi di marketplace memiliki metode pencairan cukup lama. Pencairan baru diproses setelah barang benar-benar sampai ke tangan pembeli. Sedangkan di toko online sendiri, uang langsung diperoleh, dan bisa langsung diputarkan kembali untuk modal.

  1. Tampilan Lebih Atraktif

Di website sendiri, pemilik bisa membuat tampilan toko online menjadi lebih atraktif dan menarik. Dengan begitu, teman-teman bisa membuat produk yang ada pada toko online menjadi lebih mencolok.

Selain itu, teman-teman juga bisa menampilkan testimoni pelanggan yang puas membeli. Tujuannya agar produk/layanan yang ditawarkan dipercaya oleh audiens.

  1. Mudah Menarik Pelanggan untuk Belanja Kembali

Website pribadi bisa dikustomisasi semenarik mungkin. Salah satunya yaitu dengan memasang  pop-up untuk mengumpulkan email para customer. Nah, email tersebut, bisa teman-teman gunakan untuk menghubungi mereka.

Hubungi pelanggan via email dengan penawaran-penawaran menarik. Misalnya seperti promo spesial, dan produk-produk baru yang fresh agar mereka tertarik berbelanja kembali.

Baca juga: Review LIVE.ON, Provider Digital dari XL Axiata

Itulah beberapa hal penting yang harus diketahui saat berencana membuat toko online. Tertarik untuk membuatnya? Silahkan beli hosting murah Indonesia untuk mewujudkannya. Akan tetapi, jangan hanya asal memilih yang murah, ya. Pastikan spesifikasi hosting bagus dan layak digunakan, terutama untuk tujuan berbisnis.

One comment

  1. Poin 6 Pahami SEO, sepertinya harus benar-benar dikuasai ya mas, selain untuk mendongkrak nama brand kita, SEO jadi kunci trafik dan mendatangkan pengunjung untuk membeli produk. Salam mas rifki

Leave a Reply