9-Manfaat-Blog-untuk-Toko-Fashion-Online

9 Manfaat Blog untuk Toko Fashion Online

Fungsi Membuat Blog bagi Toko Online di Bidang Fashion

9 Manfaat Blog untuk Toko Fashion Online – Toko online di bidang fashion semakin banyak bermunculan sehingga bisa dikatakan bahwa persaingan semakin ketat. Salah satu usaha yang bisa teman-teman lakukan untuk bertahan adalah dengan membuat blog atau website untuk toko online. Fasilitas membuat website murah di Hostinger bisa jadi pilihan bagi para pelaku bisnis online. Berikut adalah 9 manfaat website atau blog untuk toko online di bidang fashion.

9 Manfaat Blog untuk Toko Fashion Online

9 Manfaat Blog untuk Toko Fashion Online

  • Media Promosi

Manfaat pertama adalah adanya media promosi untuk bisnis online yang teman-teman jalankan. Blog menjadi sebuah media promosi digital yang sangat efektif dan bisa menjangkau banyak orang. Saat ini promosi secara digital melalui media online sangatlah efektif. Sayang rasanya jika melewatkan kesempatan untuk mempromosikan produk secara online melalui blog.

Sebagai sebuah media promosi, blog akan membantu bisnis dan produk berkembang pesat. Apalagi jika bisa mengisi blog tersebut dengan konten-konten menarik yang menarik banyak orang. Blog akan menjadi media penghubung yang efektif antara pelaku usaha dengan calon konsumennya.

  • Memperkenalkan Produk

Bagi para pelaku usaha baru tentu tidak mudah untuk menjaring konsumen. Agar bisa mendapatkan konsumen maka harus dilakukan pengenalan produk. Produk yang teman-teman jual harus diperkenalkan dulu ke masyarakat. Apalagi jika bisnis yang dijalankan masih tergolong baru. Jika tidak ada yang mengenal produk, maka siapa yang akan berminat untuk membelinya?

Baca juga: Penjelasan dan Cara Memprediksi Lead Scoring untuk Marketer

Blog akan menjadi media yang tepat untuk membantu memperkenalkan suatu produk. Teman-teman bisa mengunggah foto dan profil produk yang dijual melalui blog. Informasi produk akan dengan mudah dilihat oleh para pengunjung blog. Mereka tidak hanya bisa melihat foto produk tetapi juga detail produk yang dibutuhkan calon konsumen sebelum membeli.

  • Memberi Kemudahan bagi Calon Konsumen

Adanya blog yang dimiliki bisnis online di bidang fashion juga akan memberi kemudahan bagi semua calon konsumen. Sebelum membeli suatu produk, konsumen biasanya akan menggali informasi lengkap mengenai produk tersebut. Mereka akan mengunjungi beberapa sumber mulai dari media sosial hingga review di berbagai forum mengenai produk yang akan dibeli.

Blog bisnis fashion yang teman-teman miliki akan sangat membantu para calon konsumen. Tak perlu repot-repot mencari referensi dari sumber lain, tinggal langsung masuk ke blog. Lewat blog tersebut konsumen bisa mengetahui informasi detail produk mulai dari kain yang dipakai, model yang tersedia, pilihan warna, detail ukuran baju, dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan Kredibilitas

Blog untuk bisnis online akan membantu meningkatkan kredibilitas dari toko online yang teman-teman kelola. Berkat adanya blog ini maka calon konsumen akan lebih mudah percaya dengan kualitas dari toko tersebut. Mengapa kredibilitas bisa meningkat berkat blog? Karena pengelolaan blog menjadi salah satu cerminan bahwa bisnis online tersebut benar-benar dijalankan secara serius.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Live Event untuk Mendatangkan Customer

Keseriusan pelaku bisnis dalam mengelola usahanya bisa ditunjukkan dari adanya blog. Apalagi jika blog dikelola dengan baik dan menampilkan konten-konten menarik secara berkala. Calon konsumen tentu akan menjadi lebih percaya dan tertarik untuk melihat-lihat produk yang dijual. Selain itu, konsumen juga jadi lebih percaya karena pelaku bisnis tidak pelit berbagi informasi produk lewat blog.

  • Sarana Bertukar Informasi

Blog bisa menjadi sarana untuk bertukar informasi antara pelaku usaha dengan calon konsumennya. Lewat blog, calon konsumen bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar produk. Melalui blog pula pelaku usaha bisa memberikan informasi mengenai produk yang dijual. Calon konsumen dan pelaku usaha juga bisa saling bertanya jawab sehingga penyampaian informasi akan jauh lebih efektif.

Selain blog, pemanfaatan jasa email Indonesia untuk sebuah bisnis online di bidang fashion juga sangat disarankan. Lewat jasa ini, pelaku usaha bisa melakukan pemasaran atau marketing melalui media email. Komunikasi dengan calon konsumen juga bisa terjalin lancar dengan adanya jasa email yang membantu. 

  • Bisa Muncul di Search Engine

Jika pelaku usaha membuat blog untuk bisnis yang ia jalankan, maka nama bisnis tersebut akan muncul di search engine. Saat calon konsumen mencari produk yang mereka butuhkan di search engine, maka blog akan muncul. Secara otomatis nama bisnis dan produk yang teman-teman jual juga akan terlihat. Tentu hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi yang ingin mempopulerkan sebuah bisnis.

Baca juga: 8 Tips Sukses Membangun Toko Online

Lain halnya jika tidak ada blog yang dimanfaatkan oleh teman-teman. Saat konsumen berusaha melakukan pencarian melalui mesin pencari atau search engine maka tidak akan ada nama bisnis teman-teman yang muncul. Nama-nama bisnis lain yang menggunakan blog atau website akan muncul dan itu artinya teman-teman akan kalah saing dengan mereka.

  • Menambah Penghasilan

Ternyata pemanfaatan blog untuk sebuah bisnis online juga bisa menambah penghasilan sebagai pelaku usaha. Penghasilan akan meningkat berkat semakin banyak orang mengenal produk yang teman-teman miliki. Artinya semakin besar pula kemungkinan produk dibeli oleh orang lain. Dengan begitu, semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan.

Tak hanya itu, Teman-teman juga berpeluang mendapat penghasilan tambahan lewat konten-konten yang ditulis di blog atau website. Teman-teman bisa membuat kolom khusus berisikan konten-konten menarik yang menambah wawasan calon konsumen mengenai dunia fashion. Semakin menarik isi kontennya, semakin banyak visitor yang datang maka semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan.

  • Meningkatkan Jangkauan Pasar

Penggunaan blog dalam sebuah bisnis fashion online akan membantu memperluas jangkauan pasar. Akan semakin banyak orang yang bisa dijangkau oleh bisnis. Target pasar bisa diperluas karena akses menuju halaman bisnis teman-teman semakin terbuka. Orang-orang bisa dengan mudah masuk ke toko online teman-teman dan melihat produk-produk yang menjadi pilihan.

Baca juga: Cara Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Selama Pandemi

Semakin banyak orang yang bisa dijangkau maka semakin besar pula peluang untuk meningkatkan angka penjualan. Semakin tinggi peluang bagi bisnis teman-teman untuk dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak pula kesempatan bagi produk untuk dilihat kemudian diminati oleh calon konsumen.

  • Bisa Mendapat Kritik dan Saran

Lewat blog, teman-teman bisa berkomunikasi dengan calon konsumen atau konsumen tetap. Tidak hanya menjadi media untuk mempromosikan produk dan menyampaikan informasi produk, blog juga punya fungsi lain. Blog akan menjadi sarana bagi teman-teman untuk menerima kritik dan saran dari konsumen. 

Kritik dan saran bisa ditampung lewat kolom khusus yang disediakan di blog atau website bisnis. Semua kritik maupun saran bisa dijadikan sebagai bahan koreksi agar bisnis bisa berkembang lebih baik lagi. Teman-teman bisa memeriksa kolom kritik dan saran ini secara rutin sebagai motivasi sekaligus bahan introspeksi.

Baca juga: Materipress, Material Design WordPress Theme

Jadi tak perlu menunggu lebih lama lagi untuk memiliki website murah. Tersedia pula jasa email Indonesia yang akan mempermudah teman-teman untuk melakukan email marketing secara efektif. Pengelolaan bisnis fashion online pun terasa semakin mudah dan bisa berjalan dengan lancar serta mendatangkan keuntungan.

Leave a Reply