Alasan Pentingnya Penjadwalan Konten Marketing Toko Online

Alasan Pentingnya Penjadwalan Konten Marketing Toko Online

Manfaat Penyusunan Jadwal Konten Marketing

Alasan Pentingnya Penjadwalan Konten Marketing Toko Online

Alasan Pentingnya Penjadwalan Konten Marketing Toko OnlinePenting sekali untuk menyediakan media penempatan konten marketing yang tepat. Salah satunya lewat website bisnis yang dikelola dengan baik. Jika belum punya website bisnis, sebaiknya Teman-teman lakukan riset terlebih dahulu mengenai cara membuat website dan bangun website sekarang juga. Selain itu, pertimbangkan juga penjadwalan konten marketing karena hal ini sangat berperan penting bagi perkembangan toko online.

Menyusun Jadwal Konten

Merilis konten marketing tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Teman-teman harus bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat menyusun jadwal konten marketing.

  • Sesuaikan dengan Jenis Media

Tips pertama, sesuaikan penjadwalan konten ini dengan jenis media yang digunakan. Media digital marketing sangat beragam jenisnya. Teman-teman tentu harus menyesuaikan waktu perilisan ini dengan jenis media yang dipakai. Misalnya untuk email marketing, Teman-teman bisa memilih waktu pengiriman konten di awal bulan agar tidak bertumpuk dengan email-email yang lain.

Baca juga: Cara Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Selama Pandemi

Lalu untuk jenis media Instagram, misalnya. Teman-teman bisa mengunggah konten di jam-jam tertentu. Misalnya saat jam istirahat atau jam makan siang dimana konten berpotensi untuk dilihat oleh banyak orang. Jam-jam petang sebelum tidur juga bisa jadi pilihan karena biasanya di waktu ini banyak orang yang memeriksa Instagram mereka. 

  • Perhatikan Target Konsumen

Sangatlah penting bagi para pelaku bisnis untuk mengenali siapa saja target konsumen mereka. Jika ingin sukses di dunia bisnis maka kenali terlebih dahulu target pasar. Hal ini akan sangat membantu Teman-teman untuk menentukan penjadwalan konten yang tepat. Misalnya, target konsumen adalah pelajar maka cobalah untuk mengunggah konten di luar jam belajar mereka.

Lakukan riset untuk menentukan kapan waktu yang tepat mengunggah konten agar bisa disesuaikan dengan target konsumen. Teman-teman juga bisa belajar banyak dari kompetitor untuk mendapatkan waktu efektif perilisan konten. Jika sudah ditemukan jadwal perilisan yang tepat maka konten-konten tersebut akan bekerja secara efektif.

  • Perhatikan Intensitasnya

Sangat penting untuk mengendalikan intensitas konten yang Teman-teman unggah. Jangan terlalu bersemangat hingga harus mengunggah banyak konten dalam satu waktu. Teman-teman harus memberikan jeda dan menyesuaikan intensitas konten ini dengan media yang digunakan. Misalnya untuk email marketing, jangan mengirimkan terlalu banyak email dalam waktu berdekatan karena bisa dianggap sebagai spam.

  • Lihat Laporan sebagai Evaluasi

Teman-teman bisa melihat laporan hasil penjadwalan konten sebagai bahan evaluasi. Jika mengunggah konten lewat Instagram, maka lihatlah data engagement rate-nya. Apakah perilisan konten di waktu tersebut bisa bekerja efektif dan mencapai engagement yang tinggi atau tidak. Langkah ini akan membantu Teman-teman untuk melakukan evaluasi dan menemukan pilihan waktu terbaik merilis konten.

Baca juga: 8 Tips Sukses Membangun Toko Online

Jika Teman-teman menggunakan media website, maka lihat juga data traffic yang terlihat di sana setelah mengunggah konten. Bagi yang belum memiliki website bisnis, segera buat sekarang juga. Teman-teman bisa menggunakan layanan hosting dan SSL murah terbaik yang akan membantu proses pembuatan website dengan lancar. Jika sudah ada website, strategi digital marketing akan jauh lebih mudah untuk dijalankan. 

Alasan Pentingnya Penjadwalan Konten Marketing Toko Online

Mengapa proses pengaturan jadwal konten ini dianggap penting di dunia digital marketing? Teman-teman sebaiknya memahami hal ini terlebih dahulu agar semakin teliti melakukan penjadwalan konten. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya penjadwalan konten bagi pelaku digital marketing.

  • Meningkatkan Efektivitas

Penjadwalan konten akan membantu meningkatkan efektivitas dari konten yang diunggah. Jika tujuan membuat konten tersebut adalah untuk melakukan marketing, maka hasilnya bisa lebih efektif bagi bisnis. 

Baca juga: Cara Memanfaatkan Live Event untuk Mendatangkan Customer

Mengunggah konten di waktu yang asal-asalan hanya akan membuat Teman-teman membuang-buang kesempatan. Tanpa memperhatikan waktu maka jumlah audiens pasti akan sulit mencapai angka optimal.

Jika Teman-teman ingin strategi konten marketing ini berjalan efektif, maka pilihlah waktu yang tepat. Lakukan riset dan tentukan kapan saat yang tepat untuk mengunggah konten. Jangan sampai usaha membuat konten jadi sia-sia hanya karena diunggah di waktu yang salah.

  • Mendongkrak Angka Penjualan

Isi konten marketing yang Teman-teman buat akan membantu mendongkrak angka penjualan. Namun hal ini didukung dengan penjadwalan konten yang tepat. Jika diunggah di waktu yang tepat dan mendapatkan banyak viewers, maka peluang angka penjualan meningkat juga akan lebih tinggi. Bayangkan saja jika diunggah di waktu yang salah dan audiensnya sedikit, sudah pasti angka penjualan juga sulit meningkat.

Baca juga: Penjelasan dan Cara Memprediksi Lead Scoring untuk Marketer

Bagi yang menggunakan website sebagai media marketing, cobalah untuk mengamati laporan traffic setiap kali mengunggah konten. Dari sana Teman-teman bisa tahu kapan waktu terbaik agar konten dilihat banyak audiens. Jika belum ada website, maka segera beli hosting terjangkau di Hostinger lalu bangun website bisnis sekarang juga.

  • Merangkul Lebih Banyak Konsumen

Lewat penjadwalan konten, Teman-teman bisa merangkul lebih banyak jumlah konsumen. Kembali lagi pada jumlah viewers yang akan melihat konten tersebut. Semakin banyak audiensnya maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Bukankah ini adalah tujuan dari semua pelaku usaha? 

Penjadwalan konten tidak akan memberikan dampak efektif bagi konsumen lama tetapi juga konsumen baru. Teman-teman bahkan bisa merangkul lebih banyak konsumen baru jika menempatkan konten di waktu yang tepat. Orang-orang jadi banyak yang mengenal dan tertarik dengan produk atau jasa yang Teman-teman tawarkan.

  • Menghindari Dugaan Spam

Penjadwalan konten akan membantu terhindar dari dugaan spam. Pengguna media sosial biasanya akan menganggap akun yang terus menghadirkan konten-konten dengan tipe sama sebagai spam. Jika tak mau akun bisnis Teman-teman dianggap spam, maka lakukan penjadwalan konten yang tepat.

Baca juga: 9 Manfaat Blog untuk Toko Fashion Online

Dengan adanya penjadwalan ini maka Teman-teman tidak akan asal-asalan mengunggah konten. Intensitas konten jadi lebih terkontrol dan membantu Teman-teman terhindar dari dugaan spam. Hal ini akan memperkecil kemungkinan akun diblokir karena tidak mengunggah terlalu banyak konten dalam waktu bersamaan.

  • Menjaga Kenyamanan Konsumen

Berhubungan dengan poin sebelumnya, jika Teman-teman melakukan penjadwalan konten maka Teman-teman akan membuat konsumen merasa lebih nyaman. Pengikut di media sosial juga akan merasa lebih nyaman karena konten tidak dirilis dalam waktu bersamaan. Biasanya pengikut akan terganggu jika konten yang diunggah terlalu banyak dalam satu waktu.

Teman-teman harus bisa menjaga pengikut di media sosial maupun konsumen yang sudah menjadi pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan tidak melakukan spam dan mengatur jadwal posting konten marketing. Dengan cara ini maka followers tidak akan meninggalkan Teman-teman dan konsumen juga tetap setia.

Baca juga: Berbagai Jenis Kegunaan QR Code dalam Jual Beli Online

Kini Teman-teman sudah paham betapa pentingnya melakukan penjadwalan konten marketing. Siapkan konten-konten yang berkualitas agar bisnis semakin dikenal oleh banyak orang. Sediakan website bisnis sebagai media untuk mengunggah konten marketing. Gunakan layanan hosting dan SSL murah terbaik yang akan membantu akses ke website bisnis semakin lancar.

Leave a Reply