Berbagai Jenis Kegunaan QR Code dalam Jual Beli Online

Berbagai Jenis Kegunaan QR Code dalam Jual Beli Online

Berbagai Jenis Kegunaan QR Code dalam Jual Beli OnlineTeknologi kian berkembang cepat. Sekarang ini jika ingin  menjalankan bisnis online, tidak hanya membeli joomla hosting dan program afiliasi Indonesia terpercaya saja yang harus dipikirkan. Hal-hal kecil seperti QR code juga harus ikut menjadi perhatian Teman-teman.

Karena jika dulu semua transaksi hanya dilakukan melalui pertukaran barang atau pembayaran uang secara tunai, kini semua dapat dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel. Cashless itulah istilahnya. Salah satu alat yang biasa dipakai dalam hal jual beli secara online ialah QR Code. 

Apa Sih QR Code itu?

Berbagai Jenis Kegunaan QR Code dalam Jual Beli Online

Menurut Wikipedia, QR Code atau Quick Response Code adalah sejenis kode batang berbentuk dua dimensi yang berisikan data-data tertentu yang nantinya dapat dibaca menggunakan mesin scan baik stand atau yang tertanam di ponsel pintar saat ini. Pertama ditemukan di tahun 1994 oleh perusahaan otomotif yang berasal dari Jepang bernama Denso Wave. 

Siapa Saja Pengguna QR Code? 

Jika dulu, penggunaan QR hanya digunakan pada industri tertentu, kini QR code sudah digunakan hampir di semua lini kehidupan, terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan teknologi seperti penjualan secara online dan offline. 

Baca juga: 9 Manfaat Blog untuk Toko Fashion Online

Menurut Statista—perusahaan pengolah data statistika yang berasal dari Jerman—, beberapa tahun sebelumnya memperkirakan jika pada tahun 2020 akan ada sekitar 11 juta rumah tangga yang menggunakan Kode QR. Namun yang terjadi, justru jauh di atas perkiraan. Hal tersebut akibat pandemi yang terjadi di awal tahun 2020 hingga saat ini. 

Pada bulan September 2020, Statista kembali melakukan survei dengan masyarakat yang ada di Inggris dan Amerika. Hasilnya sekitar 46,75% sudah menggunakan QR Code dalam bertransaksi bahkan menyetujui jika kedepannya semua transaksi dan aktivitas yang dapat dialihkan ke teknologi mulai beralih menggunakan Kode QR agar lebih mudah dan menjaga masyarakat dari saling berkontak fisik. 

Begitu pula dengan Rusia, yang menghasilkan sekitar 64% responden menyetujui adanya penggunaan QR Code. Responden tersebut berasal dari semua jenjang usia mulai dari remaja, dewasa, hingga tua. 

Baca juga: Penjelasan dan Cara Memprediksi Lead Scoring untuk Marketer

Selain itu, sebagian besar ponsel cerdas pada masa kini sudah dilengkapi dengan aplikasi QR Scanning sehingga kedepan akan semakin banyak orang yang memanfaatkan kode QR untuk pembayaran, mengikuti aktivitas, menghadiri seminar, atau bahkan untuk meminjam buku di perpustakaan. Bahkan, tidak akan mengherankan jika tempat persewaan kedepannya juga akan memanfaatkan QR Code untuk memudahkan para pelanggan dalam menyewa.

Namun, untuk saat ini, sebagian besar QR Code digunakan di tempat-tempat seperti restoran, pub, bar, kafe, warung makan, gym. Pasalnya, masyarakat baru merasa aman ketika melakukan transaksi dengan kode QR di tempat-tempat tersebut. 

Bagaimana Cara Menggunakan QR Code?

Lantas, bagaimana cara menggunakan QR yang tepat itu? 

Sebagian besar ponsel cerdas memiliki pemindai QR bawaan, yang terkadang terpasang di kamera. Pemindai QR hanyalah cara untuk memindai kode QR. Beberapa tablet, seperti Apple iPad, memiliki pembaca QR yang terpasang di kamera mereka. Beberapa perangkat lama mungkin memerlukan aplikasi tertentu untuk membaca kode QR – aplikasi ini sudah tersedia di Apple App Store dan Google Play.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Live Event untuk Mendatangkan Customer

Memindai kode QR menggunakan perangkat yang Teman-teman sering gunakan sangatlah mudah. Begini caranya: 

  • Buka aplikasi pembaca QR atau kamera di smartphone. 
  • Arahkan ke kode QR. Teman-teman harus dapat mengarahkan kamera dari sudut mana pun dan tetap menerima informasi yang diperlukan. 
  • Data akan langsung ditampilkan di layar. Misalnya, jika kode QR berisi detail kontak, ponsel akan langsung mengunduhnya.

Berbagai Jenis Kegunaan QR Code dalam Jual Beli Online

Saat ini banyak sekali toko online yang beroperasi, menawarkan bermacam-macam dagangan. Terlebih di masa pandemi ini, semakin banyak orang-orang lebih suka melakukan pembelian secara online, sehingga akan menguntungkan para pengelola toko online. Tidak sedikit pula, toko online kini sudah menggunakan kode QR untuk meningkatkan penjualan. Di antara kegunaan QR Code adalah: 

  • Melakukan branding dengan memasang QR code di kartu nama, flyer, atau banner

Meski digital marketing kini tengah gencar diperbincangkan dan menjadi incaran banyak orang, tetapi penggunaan kartu nama, flyer, company profile, dan banner masih dipertahankan. Mengingat, dengan keempat hal itu, Teman-teman akan semakin mudah memperkenalkan produk usaha kepada khalayak. 

Melalui kartu nama, Teman-teman dapat memberikannya ketika bertemu dengan calon pelanggan yang sekiranya potensial. Flyer, banner dapat digunakan untuk menyebarkan undangan acara-acara tertentu yang tujuannya untuk mengenalkan usaha dan produk-produknya melalui webinar. Kemudian company profile dapat dipakai sebagai bagian dari katalog yang berisikan produk-produk atau jasa yang ditawarkan. 

Baca juga: 8 Tips Sukses Membangun Toko Online

Di keempat perangkat pemasaran tersebut, Teman-teman dapat menyisipkan QR code untuk meningkatkan branding. QR code tersebut nantinya dapat berisikan link alamat perusahaan atau alamat website. Sehingga, ketika calon konsumen melakukan scanning, mereka akan langsung dialihkan ke situs resmi perusahaan atau situs resmi toko online. bisa juga berupa link akun IG atau akun FB, bahkan link akun ecommerce, tempat Teman-teman menjajakan produk. 

  • Mengenalkan promo-promo menarik 

Promo kini tidak hanya bisa dilakukan dengan memberikan sekadar info berupa gambar atau kata-kata di media sosial. Tetapi, dapat melalui QR Code. Contohnya saja, Teman-teman dapat membuat QR code yang berisikan link yang mengarah ke halaman khusus berisikan tentang informasi promo-promo toko online. 

Kemudian, kode QR tersebut Teman-teman bagikan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, ataupun messaging app (WhatsApp, Telegram) dengan copywriting yang menarik. Nantinya, ketika mereka melakukan scanning mereka akan langsung mendapatkan info tentang promo terbaru. 

  • Alat untuk memberikan diskon kepada pelanggan khusus

Kode QR juga dapat dimasukkan ke dalam kupon diskon yang Teman-teman berikan kepada customer. Bahkan, Teman-teman dapat meminta mereka untuk melakukan scan QR Code yang ada di profil media sosial misalnya, kemudian akan ada pop up jika mereka mendapatkan diskon untuk pembelian produk tertentu dengan nominal yang sudah tertentu.

Tentunya, yang ditampilkan setelah scan QR Code adalah kode voucher atau kode diskon yang dapat mereka gunakan ketika melakukan pembelian di toko online. Hal ini akan efektif untuk pembelanjaan menggunakan situs Teman-teman sendiri atau media sosial. 

  • Direct link  ke akun toko online dari media sosial

Media sosial menjadi bagian terpenting saat ini. Hampir setiap detik, semua jenjang usia mengenal adanya media sosial, bahkan menggunakannya. Teman-teman dapat menggunakan QR code di profil media sosial kemudian menggiring calon konsumen untuk mengunjungi toko online baik yang ada di situs pribadi atau di e-commerce melalui kode QR tersebut. 

  • Melakukan pembayaran dengan mudah

Transaksi cashless semakin digencarkan. Salah satunya dengan memanfaatkan QR Code. Maka, Teman-teman juga dapat menggunakannya untuk melakukan transaksi jual beli di toko online. 

Calon pembeli hanya perlu melakukan scan qr code yang ada di profile, untuk melakukan pembayaran. Sehingga, tidak perlu mencantumkan nomor rekening yang dapat disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab nantinya. 

Baca juga: Cara Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Selama Pandemi

Jadi, itulah kegunaan dari QR code serta detail informasinya. Selain melakukan program afiliasi  dan membeli  joomla hosting, ada baiknya Teman-teman juga menggunakan QR code untuk kelancaran bisnis online.

Leave a Reply