Cara Memanfaatkan Live Event untuk Mendatangkan Customer

Cara dan Contoh Live Event yang Bagus untuk Marketing

Cara Memanfaatkan Live Event untuk Mendatangkan CustomerMendengar nama event, yang terlintas di pikiran kita biasanya adalah sebuah pertunjukan. Namun, bagi pemilik toko online terpercaya, istilah live event kini sudah merujuk pada strategi pemasaran. Pengaplikasian strategi ini mulai seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih.

Strategi ini, bahkan sangat erat sekali kaitannya dengan brand awareness. Tujuannya tentu saja untuk mendatangkan customer dan meningkatkan peluang keuntungan yang lebih besar. Penasaran ingin tahu cara memanfaatkannya? Simak penjelasannya sampai akhir, ya.

Cara Memanfaatkan Live Event untuk Mendatangkan Customer
Sumber gambar: vectorpouch

Cara Memanfaatkan Live Event untuk Mendatangkan Customer

Mengenal Live Event Marketing Lebih Dekat

Pertama-tama, mari kita kenali dulu istilah ini bersama-sama. Dengan mengenalnya, maka akan mudah bagi teman-teman untuk menjalankannya nanti.

Di dalam digital marketing, event bukan sekedar pergelaran semata. Dalam strategi pemasaran, istilah tersebut juga kental dengan tujuan untuk mencapai profit yang tinggi. Bentuknya bisa berupa sebuah acara. Tujuan acara yaitu untuk mempromosikan produk maupun jasa.

Baca juga: Cara Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Selama Pandemi

Live event juga biasanya digunakan untuk mengenalkan produk baru ke publik. Atau, sering juga untuk membuat kampanye produk yang sudah ada sebelumnya. Strategi ini cocok sekali untuk pemilik toko online

Jika teman-teman sudah membuat website untuk bisnis, dengan cara beli domain di Hostinger cara selanjutnya adalah mengenalkannya. Karena, masyarakat wajib tahu informasi terkait produk atau jasa tersebut. Nah, live event ini, adalah program yang tepat untuk mengenalkannya. Karena, Teman-teman bisa mengenalkan melalui cara yang seru dan menyenangkan. Masyarakat juga sangat menyukai cara ini.

Contoh-Contoh Live Event untuk Pemasaran

Ada cukup banyak live event yang saat ini sering diadakan untuk tujuan pemasaran. Berikut telah kami rangkum beberapa contohnya.

  • Konser Musik

Event pertama ini, sudah sering diadakan dan dipilih untuk promosi dan pemasaran. Suatu brand mengadakan acara dengan bintang tamu, seperti penyanyi terkenal. Acara ini bagus untuk meningkatkan brand awareness.

  • Event Launching

Jika mempunyai produk baru yang ingin diperkenalkan, event launching adalah salah satu cara terbaik untuk mengenalkannya. Melalui cara ini, teman-teman bisa mengenalkan semua fitur-fitur dan kelebihan produk terbaru tersebut.

  • Pameran

Sama seperti event launching, fungsi dari pameran juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk baru. Namun, jenis event ini hanya cocok untuk produk-produk tertentu. Salah satu contohnya seperti produk kendaraan.

  • Live Streaming

Fitur live streaming saat ini telah hadir di beberapa media sosial. Yang paling populer yaitu di Facebook, IG, dan Youtube. Nah, kini teman-teman bisa memanfaatkan fitur ini untuk event marketing yang dapat meningkatkan brand awareness.

Manfaat dan Kelebihan Event Marketing

Teman-teman sudah beli domain dan membuat website e-commerce? Cobalah untuk mengaplikasikan strategi ini. Karena, selain untuk meningkatkan brand awareness, ada segudang manfaat lain yang bisa didapatkan. Berikut manfaat dan kelebihannya:

  • Mengenalkan Produk/Jasa ke Jaringan yang Lebih Luas

Jika mengadakan sebuah event, tentu akan banyak sekali pihak-pihak yang terlibat. Contohnya, Teman-teman membentuk sebuah tim dari pihak eksternal dalam pembuatan acara. Nah, tidak menutup kemungkinan, orang-orang yang terlibat dari pihak eksternal ini akan menjadi partner di masa depan.

Jika Teman-teman sukses mengadakan event tersebut, tidak menutup kemungkinan juga bisa menarik para investor.

  • Meningkatkan Penjualan

Tujuan event adalah untuk mencapai target penjualan. Jika sukses, tidak menutup kemungkinan produk maupun jasa yang teman-teman tawarkan, akan mengalami lonjakan permintaan.

Strategi event marketing, biasanya yaitu untuk mendapatkan tujuan akhir yang membekas bagi para audiens.

  • Mengenalkan Produk/Jasa Agar Diterima Masyarakat

Tak kenal maka tak sayang, adalah istilah yang juga bisa kita gunakan pada ranah bisnis. Mengenalkan produk atau jasa ke masyarakat tidak bisa cengan cara begitu saja. Pelaku usaha harus melakukan pendekatan-pendekatan personal kepada konsumen.

Sebuah live event bisa mendukung pesan dari produk agar dikenal oleh masyarakat, lalu diterima.

  • Mendatangkan Keuntungan

Jika pandai mengoptimalkan event, maka, setelah event selesai, teman-teman bisa menarik keuntungan. Benefit bisa datang dari tiket yang terjual. Atau, bisa juga dari penjualan produk maupun jasa yang meningkat setelah event tersebut selesai.

Strategi Live Event Marketing Agar Mendulang Sukses

Sebelum mengadakan event, pastikan teman-teman mengetahui persiapan dan tahapan-tahapannya. Untuk kesuksesan event yang akan diselenggarakan, berikut akan kami paparkan tips sekaligus langkah-langkahnya:

  • Mengumumkan Penyelenggaraan Acara

Jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung, Teman-teman bersama tim harus mengenalkan event tersebut. Umumkan bahwa teman-teman akan menyelenggarakan sebuah acara yang menarik. Tujuannya yaitu untuk mengenalkan acara tersebut sebelum mulai.

Kenalkan atau promosikan melalui kanal-kanal promosi yang biasa teman-teman gunakan. Contoh kanal-kanalnya yaitu seperti media sosial, blog, dan lainnya.

  • Pengumuman Launching

Pada tahapan ini, acara yang teman-teman rencanakan sudah mendapatkan tanggal yang resmi. Setelah itu, umumkan secara resmi juga. Pengumuman kali ini tidak melalui kanal-kanal promosi yang ada di atas. Silahkan umumkan peresmian acara ini melalui press release atau partnership.

Baca juga: 8 Tips Sukses Membangun Toko Online

Contohnya, dalam sebuah acara musik, promotor dan artis akan membuat pengumuman press release. Mereka akan mengumumkan detail terkait acara tersebut.

  • Gencar Melakukan Promosi Hingga Hari H

Setelah press release, biasanya ada beberapa hari lagi sebelum acara dimulai. Nah, jangan kendorkan promosi. Karena, press release bukanlah akhir dari promosi event yang akan teman-teman selenggarakan. Justru, lakukanlah promosi dengan intensitas yang cukup tinggi.

Jika perlu, Teman-teman bisa mempromosikannya juga melalui promosi berbayar. Selain itu, bisa juga dengan menawarkan diskon-diskon menarik, dan pengumuman-pengumuman lainnya yang menawarkan benefit bagi calon audiens.

Jika teman-teman pengguna Instagram, promosi juga bisa dilakukan melalui insta stories. Tujuannya yaitu untuk menumbuhkan awareness di benak audiens terhadap acara yang akan diselenggarakan.

  • Berkomunikasi dengan Audiens

Lakukan juga promosi dengan cara menjemput bola. Atau, promosi kepada customer atau calon audiens dengan cara berkomunikasi langsung. Caranya bisa melalui telepon, email, atau pesan di media sosial.

Jika ingin lebih optimal, teman-teman bisa bekerjasama dengan influencer. Cara ini biasanya harus menggunakan biaya untuk menyewa influencer. Namun jangan khawatir, teman-teman bisa mencari-cari influencer dengan harga yang sesuai dengan budget promosi.

Influencer akan membantu teman-teman untuk mempromosikan acara yang akan diselenggarakan. Bahkan, semakin banyak followers influencer tersebut, semakin mudah mempromosikannya kepada audiens.

Kesimpulan

Live event merupakan strategi marketing yang sudah mulai diaplikasikan pada digital marketing. Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan keuntungan, melalui brand awareness yang ditanamkan pada acara tersebut. Jenisnya pun cukup beragam, mulai dari live streaming, pameran, live musik, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Membuat Kartu Ucapan Menyambut Ramadhan Android dan iOS

Bagi para pemilik toko online, strategi pemasaran dengan memanfaatkan event ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengenalkan produk. Namun, sebelum merencanakannya, sebaiknya teman-teman buat planning, dan juga strategi promosi yang tepat agar acara ditonton oleh banyak orang. Selamat mencoba. 

advertistment

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *