Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa – Popularitas Windows sebagai sistem operasi desktop nomer satu belum ada yang bisa mengungguli hingga saat ini. Antar muka yang terlanjur akrab membuat para penggunanya betah dan tidak ingin berganti ke sistem operasi lain, Remix OS misalnya.

Sama seperti para pendahulunya, Windows 10 yang merupakan versi terbaru dari sistem operasi buatan Microsoft ini menyediakan opsi Windows Update untuk pembaruan sistem operasi yang lebih mudah. Bedanya, cara untuk mematikan auto update tidak semudah di versi Windows sebelumnya. Teman-teman yang tidak terlalu ambisius untuk menginstall versi kekinian Windows mungkin merasa kebingungan mencari opsi tempat mematikan windows update di control panel 😎.

Salah satu cara paling mudah untuk mematikan auto update Windows 10 adalah dengan mengubah koneksi menjadi ‘metered’. Namun tidak semua koneksi bisa diset menjadi ‘metered’, termasuk modem yang saya gunakan 😭. Namun teman-teman tidak perlu khawatir, karena masih banyak jalan menuju Roma. Kali ini saya akan membagikan tutorial untuk mematikan auto update Windows 10 dengan menonaktifkan service windows update.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa

#1 Buka Control Panel mode klasik melalui menu Start, lalu tulis ‘Control Panel’.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa 1

#2 Pilih System and Security yang ada di urutan paling atas.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa 2

#3 Scroll ke bawah dan pilih Administrative Tools.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa 3

#4 Klik Services.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa 4

 #5 Pilih Windows Update dari beberapa list yang muncul.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa 5

#6 Di window baru yang muncul, ubah opsi Startup type menjadi Disabled. Klik tombol OK atau Apply, lalu restart Windows.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa 6

Salah satu keuntungan jika mematikan windows update adalah menghemat data, khususnya bagi pengguna dengan koneksi terbatas 😭. Bayangkan jika teman-teman baru saja membeli paket data dan kuota habis secara tiba-tiba karena Windows mendownload file berukuran besar untuk melakukan update. Namun, jika mempunyai koneksi unlimited dengan kecepatan dewa, alangkah baiknya jika windows update tetap di aktifkan untuk perbaikan bug dan pembaruan sistem keamanan versi terbaru.

 

Tulisan Terkait

Komentar untuk “Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa”

  1. Nah ini cara yang saya cari2 -__-
    pernah gara2 kgk tau matikan auto updatenya ( dan tidak tau kalau auto updatenya aktif) , baru beli paket langsng habis -__-
    btw , ty gan 😀

    • Pengalamannya hampir sama, 😀 niatnya cuman browsing2 bentar, makannya berani tetering pake HP, dan ternyata quota HP langsung kesedot gara2 windows update 🙁

  2. iya nih gan asli parah dr dulu ga pernah coba cari cara matiin autoupdate win 10 alhasil ludes lah kuota terus menerus setiap tether ke laptop, hadeh kuota kemana kau pergi haha

  3. alan

    Terimakasih gan barokallahu

Tinggalkan Balasan