Cara Membuat Bisnis Banyak Penjualan Thumbnail

Cara Membuat Bisnis Banyak Penjualan

Cara Membuat Bisnis Banyak Penjualan – Memiliki angka penjualan yang tinggi menjadi cita-cita banyak pebisnis online maupun offline. Namun, bagaimana sih cara meningkatkannya? Apakah ada trik dan tips khusus agar jualan kita bisa laris terjual dan diminati pasar?

Nah, bagi teman-teman yang ingin meningkatkan penjualan, berikut sudah saya rangkum tips cara membuat bisnis banyak penjualan yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Cara Membuat Bisnis Banyak Penjualan

1. Menarik Pelanggan dengan Promo Diskon

Memberikan promo atau diskon bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Siapa sih yang tidak suka diskon, hampir semua orang pasti akan tergoda dengan penawaran potongan harga fantastis yang jarang ada. Lakukan cara ini jika teman-teman perlu meningkatkan sales dengan cepat dan efektif.

2. Buat Website Toko Online

Cara meningkatkan penjualan berikutnya bisa teman-teman lakukan dengan membuat website. Ya, website memang sudah terbukti bisa mendongkrak sales secara digital karena jangkauannya yang tidak terbatas serta potensinya yang sangat besar di era serba instan seperti sekarang.

Sebagai pemilik bisnis, teman-teman bisa membuat website profesional dengan menggunakan paket hosting berkualitas yang bisa diandalkan, domain TLD serta dukungan sertifikat SSL agar transaksi semakin aman. Teman-teman bisa melakukan domain check untuk memastikan domain belum diambil orang lain, setelah itu lakukan pembelian. 

3. Lakukan Riset Pasar

Setiap strategi pemasaran yang menuai sukses besar pasti punya produk superior yang disukai oleh banyak pelanggan. Maka dari itu, jika teman-teman ingin mendongkrak angka penjualan sebaiknya memastikan terlebih dahulu apakah produk yang dipasarkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Riset pasar adalah cara yang tepat untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan calon pelanggan. Teman-teman bisa melakukan survei, atau FGD dengan beberapa orang yang dirasa mewakili audiens, kemudian olah data dan feedback tersebut menjadi masukan untuk menciptakan variasi produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.

4. Optimalkan Strategi Word of Mouth

Pernah dengar strategi word of mouth? Teknik pemasaran ini biasa kita kenal dengan promosi dari mulut ke mulut sebagai dampak positif atas kepuasan konsumen, sehingga mereka dengan suka rela mau merekomendasikan produk ke teman, keluarga, dan kenalan tanpa perlu dibayar.

Di ranah marketing, strategi ini biasa berjalan secara organik maupun non-organik. Cara organik adalah dengan meningkatkan kepuasan setiap pelanggan seperti penjelasan sebelumnya, adapun cara non-organik bisa dilakukan dengan memanfaatkan jasa buzzer, influencer, atau seleb blogger yang memberikan review positif dengan imbalan berupa biaya jasa.

Cara ini memang kurang cocok digunakan oleh pelaku bisnis skala kecil atau UMKM karena butuh modal besar, namun teman-teman tetap bisa menjalankannya dalam skala kecil seperti memberikan produk tester atau mengajak teman dari kantor atau relasi untuk melakukan promosi secara natural.

5. Siapkan Budget iklan di Media Sosial

Memasang iklan di media sosial juga bisa menjadi pilihan jika teman-teman ingin meningkatkan angka penjualan produk atau jasa. Namun, sayangnya strategi ini butuh modal yang cukup besar karena teman-teman perlu menyiapkan budget iklan harian serta karyawan yang bisa mengatur strategi iklan agar tidak boncos.

Meski begitu, beriklan di sosial media masih jadi pilihan yang masuk akal. Tidak heran jika perusahaan besar masih banyak yang menggunakan metode pemasaran yang satu ini.

6. Tulis Konten Deskripsi Produk yang Menarik

Konten deskripsi produk mungkin masih dianggap sepele bagi sebagian penjual, padahal setiap pelanggan yang ingin melakukan  pembelian hampir semuanya membaca dulu isi deskripsi produk untuk mengetahui cara pakai, manfaat dan keunggulannya.

Nah, teman-teman bisa meningkatkan penjualan dengan cara melakukan optimasi konten deskripsi produk. Tulis deskripsi dengan penjelasan sedetail dan semenarik mungkin, jika perlu teman-teman bisa merekrut karyawan copywriter untuk membuat kata-kata yang lebih profesional sesuai dengan target pasar yang dibidik.

7. Jalankan Campaign SEO

Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, sebuah teknik yang bisa kita gunakan untuk membuat performa website semakin baik di halaman pencarian seperti Google. Aspek visibilitas website menjadi faktor penting bagi situs jualan di era digital, karena setiap orang saat ini menggunakan mesin pencari untuk menemukan banyak hal. Mulai dari mencari informasi, belanja, bahkan untuk mencari pundi-pundi cuan.

Baca juga : pakar SEO terbaik

Teman-teman bisa memanfaatkan hal ini untuk kepentingan bisnis di masa depan. Lakukan investasi dengan cara mempekerjakan praktisi SEO, SEO Content Writer, web developer, hingga digital marketer untuk membangun reputasi bisnis yang kokoh dari goncangan kompetitor.

Demikianlah tips dan trik cara membuat bisnis agar banyak penjualan. Selain faktor di atas, sebenarnya masih ada banyak aspek lain yang mungkin bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Sebagai contoh, dari segi penentuan harga jual, kualitas produk dibanding dengan kompetitor, kemudahaan proses pembelian, hingga manfaat yang diberikan. 

Tapi jangan khawatir, seiring waktu berjalan teman-teman pasti akan menemukan ramuan yang tepat untuk meningkatkan angka penjualan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.