Cara Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Selama Pandemi

Cara Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Selama Pandemi

Cara Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Selama Pandemi – Pandemi akibat virus Covid-19 yang berlangsung selama beberapa bulan ini telah mengakibatkan beragam perubahan. Perubahan ini terjadi di berbagai sektor. Bukan hanya sektor kesehatan yang terdampak, namun juga sektor ekonomi, bisnis, sosial, pendidikan dan penggunaan teknologi.

Pemerintah menerapkan berbagai kebijakan yang bertujuan meminimalisir penyebaran virus Covid-19 seperti beraktivitas dari rumah, melakukan jaga jarak dan pembatasan kontak fisik dengan orang lain. Hal ini memicu terjadinya berbagai perubahan tersebut dan ini terjadi hampir di seluruh negara di dunia.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kuota Gratis untuk Siswa dari Pemerintah

Berbagai aktivitas untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19 tersebut secara otomatis membuat lonjakan pada penggunaan internet dan media sosial. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar komunikasi, rapat, bekerja dan sekolah dilakukan secara daring. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat bagus untuk membesarkan bisnis melalui media sosial. 

Berikut beberapa cara menggunakan media sosial untuk bisnis selama pandemi:

1. Pahami Target Pasar

Salah satu hal utama dalam berbisnis adalah memahami target pasar. Teman-teman bisa mulai membuat gambaran klien ideal. Buat berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas, minat, kebutuhan, daya beli, perilaku pembelian, serta hambatan yang mungkin dihadapi. 

Mengetahui target pasar dapat membantu menentukan strategi pemasaran yang tepat. Teman-teman bisa memberikan ebook gratis atau diskon yang mengharuskan pembaca memasukkan emailnya untuk berlangganan untuk mendapatkan daftar peminat atau calon klien potensial. 

Baca juga: Membuat Widget About Me Ala Materispot

Untuk menunjang hal ini, teman-teman perlu domain murah dan berkualitas yang didapatkan dari penyedia hosting dan domain terpercaya agar website mudah dikenali oleh para pembaca. Daftar email yang telah didapat, bisa digunakan untuk melakukan survei atau giveaway. 

2. Kenali Masing-Masing Platform Media Sosial

Menggunakan banyak media sosial memang terlihat menarik dan mengesankan. Namun, jangan lupa mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing media sosial serta karakteristik penggunanya. 

Fitur pada Instagram tentu berbeda dengan Facebook, TikTok, Pinterest, atau media sosial lainnya. Teman-teman perlu mempelajarinya agar dapat menggunakannya secara optimal untuk mengembangkan bisnis.

Perhatikan juga pola komunikasi dan karakter pengguna di setiap media sosial. Hal ini untuk membantu menentukan cara promosi yang tepat untuk mereka.

3. Unggah Konten secara Aktif dan Menarik

Untuk menunjang pengembangan bisnis, peran media sosial kini sangat berarti. Semakin besar jumlah pengikut di media sosial, maka semakin besar pula peluang order yang akan teman-teman dapatkan.

Untuk mendapatkan pengikut yang banyak, teman-teman harus membuat konten yang menarik dan harus aktif mengunggahnya ke media sosial secara berkala. Konsistensi untuk mengunggah konten menjadi salah satu untuk mengikat dan memikat pengikut di media sosial. 

Baca juga: Cara Membuat Desain Cover Channel YouTube dengan Mudah

Teman-teman juga dapat mengarahkan pengikut sosial media menuju halaman bisnis melalui konten yang dibuat. Jangan lupa, menggunakan laman dengan nama yang mudah diingat dan gunakan domain murah dan berkualitas untuk mempertahankan domain website yang dipakai.

4. Analisis Konten 

Setelah mengunggah beragam konten, jangan lupa menganalisisnya. Perhatikan konten yang paling banyak mendapat respons, serta konten yang paling sedikit mendapat respons. Buat konten baru dengan pola konten yang mendapat respons bagus dari pengikut di sosial media. 

Dengan melihat jangkauan dan respons pengikut di media sosial terhadap konten. Teman-teman juga dapat belajar menghindari konten yang kurang menarik serta tidak mendatangkan pelanggan bagi bisnis yang teman-teman bangun.

Media sosial seperti Instagram menyediakan akun khusus bisnis dengan fitur yang dapat menunjang bisnis melalui fitur Insight. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat laporan statistik pengunjung dan respon mereka terhadap konten yang diunggah.

5. Membuat Grup atau Komunitas

Teman-teman bisa mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap merek bisnis melalui grup atau komunitas. Berbagai aktivitas seperti promo rilis produk baru untuk para anggota komunitas, giveaway, atau kuis dapat menjadi hal yang menarik dan mengikat para pelanggan untuk setia terhadap merek bisnis Teman-teman.

Berbagai kegiatan yang atraktif perlu dilakukan agar grup tidak monoton dan sepi. Semakin banyak aktivitas yang menarik membuat grup atau komunitas akan semakin besar. Hal ini tentu meningkatkan potensi bisnis untuk berkembang semakin besar.

6. Membuat Konten Blog yang Bermanfaat

Salah satu pola masyarakat saat ini adalah gemar mencari informasi secara daring. Hal ini merupakan peluang bagus untuk mendapatkan banyak pelanggan dengan cara membuat blog yang informatif dan atraktif. Unggahan konten yang bermanfaat dan menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama di laman yang teman-teman buat.

Baca juga: Cara Melihat Stalker Profil Instagram (Android dan iOS)

Jangan lupa pilih nama domain yang mudah diingat serta gunakan domain murah dan berkualitas untuk menunjang efektivitas biaya operasional bisnis.

Demikian cara menggunakan sosial media untuk mengembangkan bisnis di masa pandemi. Semoga bermanfaat.

advertistment

Tinggalkan Balasan