Kunci-Jawaban-Riviu-Pembelajaran

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 1 Teori Belajar (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 1: Teori Belajar (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPKKunci Jawaban Riviu Pembelajaran 1 Teori Belajar (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK – Review pembelajaran ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang pedagogi.

Komponen-komponen di dalam review pembelajaran ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teman-teman bisa mengunduh (download) versi PDF yang bisa dicetak melalui link DIBAWAH.

Baca juga: Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 1 Teori Belajar

  1. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali….
    1. Belajar praktis
    2. Belajar emansipatoris
    3. Belajar konsep
    4. Belajar teknis
    5. Belajar aktif
  2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
    1. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
    2. Kemampuan untuk memecahkan masalah
    3. Kemampuan mengemukakan pendapat
    4. Kemampuan berinteraksi
    5. Kemampuan berkomunikasi
  3. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….
    1. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
    2. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
    3. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
    4. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
    5. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
  4. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….
    1. Kognitivistik
    2. Rekonstruktivistik
    3. Humanistik
    4. Behavioristik
    5. Konstruktivistik
  5. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah…..
    1. Mampu memahami sebuah kejadian
    2. Mampu memecahkan masalah
    3. Mampu membuat peraturan
    4. Mampu memahami permasalahan
    5. Mampu mengalami sebuah kejadian
  6. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori….
    1. Konstruktivistik
    2. Humanistik
    3. Behavioristik
    4. Sibernetik
    5. Kognitivistik
  7. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
    1. Sibernetik
    2. Behavioristik
    3. Humanistic
    4. Konstruktivistik
    5. Kognitivistik
  8. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari….
    1. Enaktif
    2. Ikonik
    3. Intuitif
    4. Simbolik
    5. Konflik
  9. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori….
    1. Humanistik
    2. Sibernetik
    3. Behavioristik
    4. Kognitivistik
    5. Konstruktivistik
  10. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….
    1. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
    2. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
    3. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
    4. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
    5. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
  11. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari….
    1. Konseptualisasi
    2. Stimulus respon
    3. Shaping
    4. Conditioning
    5. Trial and error

Download Riviu Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 1 Teori Belajar (Pedagogi)

PDF

Leave a Reply