Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 2 Karakter Peserta Didik (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 2 Karakter Peserta DidikKunci Jawaban Riviu Pembelajaran 2 Karakter Peserta Didik (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK – Review pembelajaran ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang pedagogi.

Komponen-komponen di dalam review pembelajaran ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teman-teman bisa mengunduh (download) versi PDF yang bisa dicetak melalui link DIBAWAH.

Baca juga: Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 2 Karakter Peserta Didik

  1. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek….
    1. Motivasi
    2. Status Sosial
    3. Etnik
    4. Moral
    5. Minat
  2. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal….
    1. Perkembangan sosialnya
    2. Perkembangan motoriknya
    3. Kemampuan awalnya
    4. Motivasi belajarnya
    5. Perkembangan emosinya
  3. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu….
    1. Menggunakan modul dan powerpoint.
    2. Menggunakan program audio dan modul.
    3. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
    4. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
    5. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
  4. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan….
    1. Meronce membuat kalung
    2. Menjiplak huruf
    3. Memasangpuzzle
    4. Menendangbola
    5. Mewarnai pola
  5. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama….
    1. Gender
    2. Minat
    3. Status social
    4. Kultural
    5. Etnik
  6. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek….
    1. Etnik
    2. Motivasi
    3. Kultural
    4. Sosial
    5. Status sosial
  7. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama….
    1. Minat
    2. Status social
    3. Etnik
    4. Motivasi
    5. Kultural
  8. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan….
    1. Gayabelajarpesertadidik
    2. Gender peserta didik
    3. Etnik peserta didik
    4. Minat peserta didik
    5. Kultural peserta didik
  9. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan….
    1. Akibat perbuatan
    2. Kontrak/imbal jasa
    3. Hati nurani
    4. Persetujuan orang lain
    5. Ketertiban sosial
  10. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan….
    1. Media cetak
    2. Media grafis
    3. Media gambar
    4. Media benda nyata
    5. Media poster

Download Riviu Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 2 Karakter Peserta Didik (Pedagogi)

PDF

advertistment

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *