Kunci-Jawaban-Riviu-Pembelajaran

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPKKunci Jawaban Riviu Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK – Review pembelajaran ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang pedagogi.

Komponen-komponen di dalam review pembelajaran ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teman-teman bisa mengunduh (download) versi PDF yang bisa dicetak melalui link DIBAWAH.

Baca juga: Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

  1. Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah….
    1. menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
    2. mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
    3. menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
    4. menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
  2. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah….
    1. membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
    2. mencatat hasil pengamatan cuaca
    3. melihat video tentang cuaca
    4. membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
  3. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah….
    1. melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa
    2. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
    3. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
    4. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
  4. Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah….
    1. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian
    2. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
    3. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
    4. membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
  5. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?
    1. Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
    2. Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
    3. Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
    4. Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
  6. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat….
    1. menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
    2. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
    3. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
    4. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
  7. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah….
    1. merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
    2. membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
    3. tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
    4. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
  8. Perhatikan pernyataan berikut.
    Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas.
    Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko.
    Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal.
    Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.

    1. Effective Communication
    2. Digital Age Literacy
    3. High Productivity
    4. Inventive Thinking
  9. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai….
    1. creative thinking
    2. critical thinking
    3. problem solving
    4. transfer knowledge
  10. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah….
    1. menyebutkan pengertian ekosistem
    2. menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
    3. menelaah hubungan antar komponen ekosistem
    4. menjelaskan jaring-jaring makanan

Download Riviu Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Pedagogi)

PDF

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *