Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 5 Dasar Komunikasi (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK – Review pembelajaran ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang pedagogi.
Komponen-komponen di dalam review pembelajaran ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teman-teman bisa mengunduh (download) versi PDF yang bisa dicetak melalui link DIBAWAH.
Baca juga: Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 5 Dasar Komunikasi
- Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat….
- refleksi
- pendahuluan
- kegiatan inti
- penutup
- Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, halhal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
- Kepercayaan dan daya tarik
- Emosi dan intelektual
- Kepercayaan dan latar belakang budaya
- Daya tarik dan kecerdasan
- Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu….
- Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok
- Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan
- Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya
- Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan
- Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?
- mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam pembelajaran
- mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu
- mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran
- merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)
- Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah….
- Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)
- Komunikasi media internet (internet media communication)
- Komunikasi media massa (mass media communicatin)
- Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)
- Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.
- Tujuan
- Prasangka
- Persepsi
- Pespekstif
- Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah….
- Perception —–> interpretation ——–> action ——-> understanding
- Action —-perception —–> interpretation ——–> understanding
- Action ——–> understanding Perception —–> interpretation
- Perception —–> interpretation ——–> understanding ——-> action
- Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan….
- Prinsip komunikasi
- Istilah komunikasi
- Tujuan komunikasi
- Bentuk komunikasi
- Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu….
- Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian
- Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus
- Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya
- Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti
- Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk….
- Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar
- Memenuhi rasa ingin tahu siswa
- Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
- Mengetahui keinginan siswa
- Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu….
- Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media
- Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa
- Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif
- Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok
- Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?
- Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima
- Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator
- Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.
- Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan….
- Kegiatan penutup
- Kegiatan inti pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Kegiatan apersepsi
- Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian….
- Kegiatan pendahuluan
- Kegiatan Evaluasi
- Kegiatan Inti
- Tujuan Pembelajaran
- Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu….
- Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble
- Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble
- Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness
- Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness
- Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut….
- Hambatan personal
- Hambatan lisan
- Hambatan budaya
- Hambatan semantik
- Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah….
- Intonasi suara
- Bahasa yang digunakan
- Gerakan tubuh
- Ekepresi wajah
- Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah….
- Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung
- Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung
- Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan
- Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan
- Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali….
- Mengumpulkan data
- Mendiskusikan suatu masalah
- Mepresentasikan hasil diskusi
- Mencoba atau bereksperimen
- Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk….
- gangguan kepentingan
- gangguan fisik
- gangguan semantik
- gangguan mekanik