Kunci-Jawaban-Riviu-Pembelajaran

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 6 Konsep Penilaian (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 6 Konsep Penilaian (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPKKunci Jawaban Riviu Pembelajaran 6 Konsep Penilaian (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK – Review pembelajaran ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang pedagogi.

Komponen-komponen di dalam review pembelajaran ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teman-teman bisa mengunduh (download) versi PDF yang bisa dicetak melalui link DIBAWAH.

Baca juga: Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 6 Konsep Penilaian

  1. Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah…
    1. 1, 2, 3
    2. 1, 2, 5
    3. 3, 4, 5
    4. 2, 3, 5
  2. Definisi penilaian adalah…
    1. prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
    2. menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya
    3. kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik
    4. kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya
  3. Di antara pernyataan berikut yang benar adalah…
    1. Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
    2. Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
    3. Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
    4. Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
  4. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah…
    1. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
    2. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
    3. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
    4. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
  5. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah…
    1. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
    2. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
    3. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
    4. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
  6. Perhatikan aspek sikap berikut: (1) Tanggung jawab (2) Kerjasama (3) Menghargai (4) Mandiri (5) Jujur Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan berdiskusi adalah…
    1. 1, 2, 4
    2. 3, 4, 5
    3. 2, 3, 5
    4. 1, 2, 3
  7. Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah…
    1. 1, 2, 3
    2. 3, 4, 5
    3. 2, 3, 5
    4. 1, 2, 5
  8. Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah…
    1. menyusun bank soal
    2. merancang instrumen penilaian
    3. menetapkan bentuk dan teknik penilaian
    4. pemetaan KD muatan pelajaran
  9. Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir…
    1. konvergen
    2. logis
    3. divergen
    4. vertical
  10. Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, merupakan pengertian dari…
    1. assesment as learning
    2. assessment of learning
    3. assessment to learning
    4. assessment for learning
  11. Daya pembeda pada suatu soal adalah…
    1. kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
    2. jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
    3. kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
    4. jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.
  12. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka.
    Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah…

    1. identifikasi kasus
    2. memperkirakan tindakan
    3. memperkirakan penyebab
    4. identifikasi masalah
  13. Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif…
    1. pra-operasional
    2. operasional formal
    3. pre-operasional
    4. operasional konkret
  14. Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali…
    1. terbuka
    2. subjektif
    3. sahih
    4. adil
  15. Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah…
    1. menentukan skala pengukuran
    2. menentukan spesifikasi instrumen
    3. menentukan indikator
    4. menentukan sikap yang akan dikembangkan
  16. Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah…
    1. semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit
    2. semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah
    3. semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
    4. semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit

Download Riviu Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 6 Konsep Penilaian (Pedagogi)

PDF

Leave a Reply