Kunci-Jawaban-Riviu-Pembelajaran

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPKKunci Jawaban Riviu Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik (Pedagogi) | Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK – Review pembelajaran ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang pedagogi.

Komponen-komponen di dalam review pembelajaran ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teman-teman bisa mengunduh (download) versi PDF yang bisa dicetak melalui link DIBAWAH.

Baca juga: Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran Pedagogi Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik

  1. Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?
    1. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai
    2. minatnya memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan
    3. sesuai bakatnya memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
    4. dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar
  2. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah….
    1. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
    2. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
    3. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
    4. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
  3. Ibu Fatimah merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu….
    1. perkembangan bersifat maju berkelanjutan
    2. pola perkembangan memiliki keragaman
    3. perkembangan berproses secara bertahap
    4. variasi dari tempo dan irama perkembangan
  4. Toni sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian….
    1. Emosi
    2. Diri
    3. Moral
    4. Sosial
  5. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah….
    1. identifikasi masalah
    2. memperkirakan tindakan
    3. identifikasi kasus
    4. memperkirakan penyebab
  6. Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada….
    1. bakat siswa yang rendah
    2. motivasi belajar yang kurang baik
    3. tingkat kecerdasan yang rendah
    4. minat belajar yang kurang baik
  7. Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki….
    1. keterampilan sosial yang rendah
    2. kemampuan menghargai diri yang rendah
    3. kemampuan berkomunikasi yang rendah
    4. keterampilan sosialisasi yang rendah
  8. Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir….
    1. divergen
    2. konvergen
    3. logis
    4. vertical
  9. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan….
    1. awalnya differensiasi akhirnya integrasi
    2. perkembangan berlangsung secara bertahap
    3. keragaman dalam irama perkembangan
    4. variasi dalam tempo perkembangan
  10. Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui….
    1. menandai anak yang mengalami kesulitan belajar
    2. jenis kesulitan belajar yang dialami anak
    3. faktor penyebab kesulitan belajar anak
    4. letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
  11. Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk….
    1. anak yang diabaikan
    2. anak yang diterima
    3. anak yang kontroversial
    4. anak yang ditolak
  12. Ismail siswa kelas II SD mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif….
    1. pra-operasional
    2. pre-operasional
    3. operasional konkret
    4. operasional formal
  13. Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang….
    1. prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
    2. peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
    3. Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
    4. prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
  14. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam….
    1. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik
    2. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik
    3. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik
    4. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik
  15. Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah….
    1. demokratis dan sesuai bakat
    2. fleksibel dan sesuai bakat
    3. demokratis dan permisif
    4. fleksibel dan permisif

Download Riviu Pembelajaran 7

Kunci Jawaban Riviu Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik (Pedagogi)

PDF

Leave a Reply