Panduan Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Panduan Memulai Bisnis Online Untuk Pemula – Memulai sebuah bisnis online adalah pilihan yang tepat untuk sekarang. Di era serba online ini, masyarakat sudah mulai terbiasa menggunakan jasa dengan embel-embel online untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.

Bagi para pemula, memulai bisnis online mungkin akan terasa sulit karena tidak tahu bagaimana cara memulainya dan apa yang harus dilakukan. Jika teman-teman merasakan hal yang sama, sebenarnya di internet sudah banyak yang membahas tentang bisnis online dengan berbagai macam model yang berbeda. Tentunya teman-teman bisa memilih model mana yang paling cocok dan sesuai.

Kali ini, saya akan membahas salah satu model bisnis online yang memanfaatkan website atau blog.

Panduan Memulai Bisnis Online Untuk Pemula dengan Memanfaatkan Website

Panduan Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Sebelumnya saya telah membahas tentang keuntungan memiliki website yang bisa digunakan untuk mesin pencari uang. Banyak hal yang bisa teman-teman lakukan untuk mendapatkan penghasilan melalui sebuah website, misalnya:

  • Dimanfaatkan untuk menjual barang/jasa
  • Memasang iklan
  • Paid post
  • Kerjasama dengan website lain
  • dan masih banyak lagi

Hal yang harus teman-teman lakukan untuk memulainya adalah membangun sebuah web atau blog. Banyak sekali penyedia layanan web atau blog gratis yang bisa dipilih, misalnya: Blogger dan WordPress.

Jika ingin fitur yang lebih komplit, teman-teman bisa memilih layanan berbayar untuk menjalankan web atau blog, dalam hal ini adalah domain dan hosting.

Saat ini sudah banyak penyedia layanan yang menyediakan domain dan hosting berbayar dengan berbagai macam spesifikasi. Hosting berbayar memiliki harga sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Perusahaan penyedia hosting biasanya menawarkan jasa dengan jangka waktu tertentu, bisa bulanan atau tahunan dan harus diperpanjang jika jangka waktu sewa sudah habis.

Untuk membangun sebuah website, kita harus pintar memilih hosting yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari kapasitas penyimpanan, jatah bandwidth bulanan (untuk lalu lintas data) hingga lokasi server, apakah di dalam atau luar negeri.

Teman-teman bisa memilih hosting Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan, salah satu pilihan adalah Niagahoster.

Setelah menentukan hosting dan domain, langkah selanjutnya adalah membangun web atau blog sesuai keinginan. Jika digunakan untuk jualan, teman-teman harus memasukkan promosi dan keterangan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Jika ingin membuat sebuah blog, teman-teman harus menulis berbagai konten yang diminati agar banyak yang mengunjungi. Semakin banyak pengunjung, semakin besar kesempatan untuk mendapat keuntungan dari blog yang kita kelola, salah satunya dengan memasang iklan. Besar juga kemungkinan akan ada yang menawarkan kerjasama jika blog yang kita kelola memiliki konten yang bagus dan banyak pengunjungnya.

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan