9 Oleh-Oleh Ini Jika Liburan ke Turki

Jangan Lupa Bawa Pulang 9 Oleh-Oleh Ini Jika Liburan ke Turki

Jangan Lupa Bawa Pulang 9 Oleh-Oleh Ini Jika Liburan ke Turki – Popularitas Turki di tanah air melonjak drastis sejak web series Layangan Putus viral di internet. Siapa sih yang tidak familiar dengan kalimat “It’s my dream, Mas. Not hers.” Dalam drama tersebut, sang tokoh utama wanita digambarkan punya impian berlibur ke Cappadocia, Turki. Maklum saja deh, Cappadocia memang merupakan salah satu kota paling indah di dunia. Jadi tak mengherankan jika banyak orang bercita-cita mengunjungi destinasi tersebut bila berkesempatan liburan ke Turki.

Sekarang, rencana liburan ke Turki semakin mudah diwujudkan karena teman-teman bisa pesan tiket pesawat online melalui website atau aplikasi Traveloka. Sistem Traveloka siap membantumu mencari tiket pesawat dengan harga terjangkau sesuai dengan jadwal keberangkatan yang teman-teman inginkan. Liburan ke Turki pasti jadi menyenangkan dan makin hemat jika teman-teman mengandalkan Traveloka.

Bila berkesempatan mewujudkan rencana liburan ke Turki dalam waktu dekat, jangan lupa bawa pulang beberapa oleh-oleh spesial berikut ini untuk orang-orang terdekatmu.

Jangan Lupa Bawa Pulang 9 Oleh-Oleh Ini Jika Liburan ke Turki

Jangan Lupa Bawa Pulang 9 Oleh-Oleh Ini Jika Liburan ke Turki

Turkish Delight

Jalan-jalan ke Turki tentu belum lengkap kalau tidak membawa pulang turkish delight. Turkish delight adalah camilan manis bertekstur lunak yang terbuat dari aneka jenis bahan, antara lain lemon, air mawar, kayu manis, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Uniknya, toko-toko camilan di Turki memperbolehkan para pengunjung mencicipi turkish delight agar bisa menemukan rasa favorit yang diinginkan. Sekotak turkish delight yang dikemas cantik tentu jadi oleh-oleh menarik untuk dibawa pulang.

Baklava

Selain turkish delight, ada satu camilan istimewa lagi yang tak kalah terkenal di Turki, yaitu Baklava. Baklava terbuat dari roti kering (dengan adonan mirip croissant) yang disajikan dengan sirup, madu, saus manis, dan kacang.

Kalau ingin keluarga dan sahabat ikut merasakan sensasi baklava yang otentik, sebaiknya teman-teman membawa pulang camilan ini sebagai oleh-oleh.

Saffron

Salah satu oleh-oleh wajib sepulang liburan dari Turki adalah saffron. Saffron merupakan rempah-rempah timur tengah termahal di dunia dengan kisaran harga antara 3.500 hingga 160.000 dollar Amerika (setara dengan nilai 52 juta hingga 2,3 miliar rupiah).

Awalnya, saffron digunakan untuk bahan masakan karena berfungsi sebagai pewarna alami. Namun kini khasiat saffron semakin populer dan banyak digunakan untuk pengobatan tradisional.

Cara mengonsumsi saffron sangat mudah. Teman-teman tinggal menyeduhnya dengan air panas dan meminumnya seperti teh untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.

Aneka Rempah Lainnya

Oleh-oleh rempah khas Turki ternyata bukan hanya saffron saja. Masih banyak jenis rempah lainnya yang menarik untuk melengkapi aneka jenis masakan.

Beberapa rempah populer khas Turki antara lain salca (pasta dari cabai merah dan tomat), lada urfa, thyme, juniper, biji nigella, sumac, dan cabai kering. Buah tangan menarik yang satu ini bermanfaat untuk membuat beragam makanan khas timur tengah saat nanti teman-teman rindu dengan suasana Turki.

Teh Trabzon

Bukan rahasia lagi jika masyarakat Turki sangat menyukai teh. Trabzon menjadi salah satu daerah penghasil teh terbaik di Turki yang tersohor hingga ke berbagai penjuru dunia.

Kalau teman-teman termasuk pencinta teh, jangan lewatkan kesempatan berburu teh di kawasan sekitar laut hitam tersebut. Aroma dan rasa teh Turki yang istimewa tak akan teman-teman dapatkan dari daerah lainnya.

Minyak Zaitun

Kualitas minyak zaitun asal Turki memang diakui seluruh masyarakat dunia. Hal tersebut tak mengherankan sebab Turki menjadi pemasok buah zaitun terbesar bagi Eropa.

Turki mengolah minyak zaitun menjadi berbagai jenis produk, mulai dari produk kuliner hingga kecantikan. Teman-teman berkesempatan mendapatkan produk minyak zaitun berkualitas tinggi dengan harga terjangkau jika langsung membelinya di Turki.

Karpet Turki

Jika teman-teman tertarik membawa oleh-oleh selain makanan, jangan lupa mempertimbangkan karpet turki sebagai salah satu pilihan terbaik. Warna-warni karpet Turki yang terkesan berani memang menjadi ciri khas yang berbeda dengan jenis karpet lainnya.

Kalau punya waktu senggang, teman-teman bisa mengunjungi kota Hereke yang memiliki pabrik karpet tertua di Turki. Jangan lupa menyiapkan fasilitas bagasi pesawat yang memadai agar bisa membawa pulang oleh-oleh karpet Turki tanpa kendala.

Sutra Foulards

Buah tangan istimewa dari Turki yang cocok untuk para pecinta fashion adalah sutra foulards. Tekstur sutra yang lembut dengan pilihan motif yang beragam memang terkesan sangat menarik dan stylish.

Kalau teman-teman ingin membeli sutra foulards kualitas terbaik, cobalah mengunjungi Kota Bursa yang merupakan pusat penghasil kain tenun tersohor di Turki.

Turkish Blue Eyes

Satu jenis oleh-oleh khas Turki lagi yang tak boleh luput dari perhatianmu adalah turkish blue eyes. Turkish blue eyes adalah ornamen berwarna biru dengan motif menyerupai mata.

Masyarakat Turki percaya bahwa turkish blue eyes sangat efektif menangkal hal-hal buruk. Selain digunakan untuk gantungan kunci, turkish blue eyes juga dijual dalam bentuk tasbih, perhiasan, dan pajangan. Harganya sangat terjangkau sehingga tidak menguras isi kantongmu saat berlibur ke Turki.


Perjalanan liburan ke Turki tak akan menyebabkan pemborosan jika teman-teman jeli memilih tiket pesawat murah dan mencari oleh-oleh yang harganya terjangkau. Rasakan serunya pengalaman jalan-jalan ke Turki sambil berhemat dengan mempercayakan akomodasi perjalananmu pada Traveloka. Traveloka siap membantumu mendapatkan tiket pesawat murah dan berbagai fasilitas lainnya selama berlibur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.